BLOGGER TEMPLATES Memes

Minggu, 08 April 2012

Artikel Mengenai Tuhan , Manusia dan Alam

Alam adalah *Menurut Wikipedia, Kamus Besar Bahasa Indonesia*

• Segala yang ada di langit dan di bumi (seperti bumi, bintang, kekuatan)
• Lingkungan kehidupan: akhirat
• Segala sesuatu yg termasuk dalam satu lingkungan (golongan dsb) dan dianggap sebagai satu keutuhan: pikiran; tumbuh-tumbuhan;
• Segala daya (gaya, kekuatan, dsb) yang menyebabkan terjadinya dan seakan-akan mengatur segala sesuatu yang ada di dunia ini: hukum; ilmu
• Yang bukan buatan manusia: karet
• Dunia: semesta; syah
• Kerajaan; daerah; negeri: Minangkabau

Tuhan, Manusia dan Alam

Tuhan, manusia dan alam saling berkaitan di dunia ini. Tuhan adalah pencipta semua yang ada di dunia ini. Dan manusia adalah ciptaan NYA yang paling mulia. Manusia diberikan akal pikiran oleh Tuhan untuk bisa berpikir dibanding makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Dan alam adalah tempat manusia berpijak dan bertahan hidup.
Awal-awalnya Tuhan menciptakan langit dan bumi. Namun masih kosong dan gelap gulita. Kemudian Tuhan menciptakan terang dan gelap atau siang dan malam, lalu terciptalah pagi, kemudian daratan, tumbuh-tumbuhan, matahari untuk siang dan bulan serta bintang untuk menemani malam dan makhluk-makhluk hidup lainnya. Terakhir Tuhan menciptakan manusia yang serupa dengan gambaran diriNya. Itulah keadilan Tuhan, manusia diciptakan paling terakhir agar manusia saat lahir memiliki tempat berpijak yaitu bumi/alam dan manusia lah yang diberikan tugas untuk menjaga serta melestarikan alam semesta ini agar manusia tidak mudah punah karena keterbatasan tempat berpijak.
Hubungan Tuhan, manusia dan alam ini sangatlah terlihat jelas. Alam diciptakan sebagai tempat kita berpijak dan bertahan hidup. Di alam ini manusia dapat melakukan segala aktifitas kehidupan sehari-harinya. Mulai dari lahir, hidup dan mati semua dilakukan manusia di alam ini. Manusia dan alam itu sebaik berteman baik selama-lamanya. Salah satu hal kecilnya misal membuang sampah pada tempatnya. Jika manusia baik terhadap alam, maka alam pun akan bersahabat dengan manusia. Jika kita merusak alam, maka Tuhan akan murka dan memberikan kita hukuman dengan membinasakan kita. Contoh penebangan hutan secara liar berakibat pada banjir besar-besaran di bumi kita. Tanpa adanya hutan yang cukup baik, maka tidak ada yang mampu menahan debit air sehingga mengakibatkan banjir besar.
Makanya, nantinya segala perbuatan yang manusia benih di dunia ini, akan tercatat oleh Tuhan dan catatan itu yang akan menentukan kemana arah hidup kita setelah selesai di dunia ini, ke surga kah atau ke neraka?? Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, ada yang menonjol pada diri seseorang tentang potensi kebaikannya , tetapi ada pula yang terlalu menonjol potensi kelemahannya, agar antara satu dengan yang lainnya saling mengenal, selalu memadu kelebihan masing-masing untuk saling kait mengkait atau setidaknya manusia harus berlomba dalam mencari dan mencapai kebaikan, oleh karena itu manusia dituntut untuk saling menghormati, bekerjasama, totlong menolong, menasehati, dan saling mengajak kepada kebenaran demi kebaikan bersama. Jadi selama hidup di dunia ini, baiknya kita menjaga hubungan baik dengan alam dan sesame makhluk hidup lainnya.

sumber : hati dan pikiran penulis sendiri

0 komentar: